Seorang Pemula Lebih Baik Pakai Ubuntu

Sebenarnya saya mau menuliskan judul dalam artikel ini lebih spesifik seperti "Alasan Seorang Pemula Lebih Baik Memakai Ubuntu" tapi terlalu panjang, jadi saya buat aja judulnya seperti itu hehe :D. Tulisan ini tergerak karena saya lihat masih dan semakin banyak yang ingin menggunakan ubuntu, walaupun masih move on dari si windows. Itu tidak masalah, sayapun masih menggunakan windows hingga saat ini, walaupun hanya 10% saja saya menggunakan windows, karena beberapa kegiatan saja, saya belum bisa mengakali buat menggunakan linux sepenuhnya.

Jadi apa mas alasannya ?

Alasannya sangat sederhana sebenarnya sobat, karena "ubuntu telah banyak yang memakai" nah itu aja mas alasannya ? Secara garis besar iya, karena telah banyak yang memakai maka akan lebih banyak cara mengatasi masalah yang akan terjadi kedepannya sobat. Apa lagi didukung dengan adanya grup facebook, atau langsung memanfaatkan fitur pencarian canggih milik google :).

Oh itu toh maksudnya mas, adakah alasan lainnya mas ?

Tentu ada, kita tahu sebuah sistem operasi sekelas windows telah memiliki banyak software atau aplikasi pendukung baik berbayar maupun gratis, nah sampai saat ini ubuntulah yang memiliki banyak pendukung aplikasi, dan sebagian besarnya GRATIS, bahkan bisa dibilang hampir seluruhnya. Terbukti dengan adanya software keren seperti Gimp, Inkscape, Libre, dan lainnya, sobat bisa ubek-ubek sblog saya ini, karena diblog ini sudah banyak aplikasi yang saya share, dan telah saya test secara langsung.

Selain itu sekarang telah banyak situs terkenal yang sangat kental akan ubuntu dan aplikasi serta tweak keren, kita ingat saja www.noobslab.com, www.webup8.org, ubuntuhandbook.org, dan masih banyak lagi sobat. Namun setidaknya situs tadi yang biasa saya pentengin buat lihat update terbaru. Oh ya hampir lupa ada juga www.omgubuntu.co.uk yang sangat keren dalam memberikan update terbaru tentang software linux, apa lagi tentang ubuntu.

Nah, karena banyak support seperti ini, alangkah baiknya para pemula menggunakan ubuntu sebagai langkah awal berkenalan dengan linux. Janganlah mengharapkan terlihat keren karena menggunakan linux untuk bisa bobol wifi, atau apalah itu. Pakai aja dulu, baru ntah pelajari hal-hal yang lainnya sehingga menggunakan Kali Linux (dulunya Backtrack).

Kalau untuk laptop spesifikasi rendah gimana dong mas ?

Untuk masalah ini telah bisa terselesaikan dengan banyaknya pilihan desktop linux, seperti : Unity, KDE, MATE, Cinnamon, LXDE, dan masih banyak lagi, sobat bisa buka mesin canggih mbah google buat nyari pencerahan. Dimana tiap desktop itu sudah ada spesifikasi minimumnya sobat, jadi jangan kawatir soal spesifikasi. Dalam artikel ini saya berfokus untuk mengatasi masalah-masalah perbaikan bug, error, atau yang lainnya.

Seorang Pemula Lebih Baik Pakai Ubuntu
Yah, intinya ubuntu itu penuh pilihan, jadi jangan kawatir untuk spesifikasi, yang jelas seorang pemula lebih baik membiasakan diri menggunkan ubuntu dan ketika telah terbiasa baru bisa ber eksperimen dengan hal lain, dan tentunya akan lebih mudah kan sobat. Saya singgung sedikit tentang ubuntu yang kalau install aplikasi harus online, apa lagi melalui situ yang saya katakan tadi, untuk itu kini telah hadir www.bengkelubuntu.org tempatnya download aplikasi yang bisa di install offline yang sangat di recomendasikan untuk ubuntu.

Sebenarnya kalimat yang ini lebih cocok untuk digabungkan dalam pertanyaan sebelum ini, namun tak apalah, penting pesannya samapai ke sobat linuxer sekalian ;). Satu kata dari saya buat pendiri bengkel ubuntu, sangat bermanfaat situsnya, dan sangat membantu. Terima kasih. (Eh katanya satu kata :D)

Saya udah mulai ngerti maksudnya mas, sebaiknya pakai ubuntu LTS atau bukan LTS nih mas ?

Wah pertanyaan yang bagus (perasaan nanya sendiri deh :D), untuk masalah ini sebenarnya sama aja, mau pilih yang mana aja gak papa. Tapi yang perlu diingat adalah kalau versi LTS (long term support) itu memiliki support dari developernya selama 5 tahun, sedangkan ubuntu non LTS itu hanya mendapat support update selama 9 bulan dari tanggal rilis tentunya.

Kalau saya pribadi sih lebih memilih menggunakan LTS, karena lebih lama supportnya. Dan tentunya nanti pasti untuk permasalahan baru bayak bersumber dari ubuntu LTS, tentunya karena banyak yang makai, tentunya banyak masalah + penyelesaiannya. Selain itu menghindari banyaknya install ulang juga, sayang harddisk. Baca alasannya DISINI.

Adakah saran mas untuk seorang pemula ?

Untuk saran sih cuma satu "Jangan Buat Bingung Orang" nah kok itu mas ? Terkadang para pemula tidak memikirkan cara bertanya yang baik, dan sikap sebelum bertanya yang benar. Sikap ini sering membuat bingung, sikap yang saya maksud adalah berusahalah sebelum bertanya, karena tanpa itu semua seorang pemula cenderung kena bully dan membuat down rasa ingin belajar linuxnya. Yah, sama seperti saya dulu, wajar sih. Tapi saya memiliki niat, jangan sampai ada yang seperti saya, gitu aja sih. Saya juga sampai saat ini masih pemula kok, saya tidak begitu mengerti menggunakan ubuntu secara full, saya cuma ngerti ngedit tampilan, buat browsing, ngeblog dan membuat ubuntu nyaman buat saya gunakan. Intinya terus belajarlah, itu yang penting. Baca juga cara bertanya yang baik DISINI.

O ya satu lagi pesan saya (jadi dua dong pesannya mas ? :D), seperti yang telah saya singgung dalam artikel ini, untuk para pemula janganlah langsung terjun ke dunia Kali Linux atau apalah itu, itu cuma membuang waktu, lebih baik kuasai dulu semuanya, baru ntar coba-coba deh tuh. hehe, ini saya maksudkan agar para pemula tidak di bully karena pertanyaan konyolnya, masuk ke mode root terminal atau hapus aplikasi aja masih bingung, apa lagi mau bobol wifi tetangga :D.

Sebenarnya ini kelakuan saya dulu dan pemikiran saya dulu, yang ternyata sia-sia belaka. Dan sedikit saya tambahkan pemikiran saya saat ini, saya harap artikel ini bisa bermanfaat.. ^_^