Menggunakan Linux Penuh Godaan

Hey sobat linuxer, apa kabar kalian hari ini ? Saya rasa baik-baik aja yah, kan bisa online nih.. :D Kali ini saya akan membahas tentang "Menggunakan Linux Penuh Godaan" judulnya sepertinya agak gimana gitu yah.. ? hehe disini saya hanya ingin mengajak sobat untuk jangan sering-sering install ulang hanya karena ingin menginstall atau mencoba sebuah DE, karena kasian hardware yang kita gunakan.

Menggunakan Linux Penuh Godaan

Apakah benar menggunakan linux penuh godaan ? Coba tanyakan pada diri kita sendiri, telah berapa DE (desktop environment) yang telah kita coba dan kita gunakan ? Jujur saya sendri telah mencoba banyak DE selama ini, namun saya jatuh cinta dengan DE unity yang sering saya gunakan. Namun saya tetap mencoba DE yang lain tanpa harus install ulang ;) .

Tanpa install ulang ? Bagaimana itu mas ?

Mudah saja, kita bisa menggunakan Virtualbox, untuk mencoba DE tersebut secara virtual tanpa harus gonta ganti sistem kita. Nah, kalau udah kepincut sekali dengan DE yang sedang dicoba baru deh install ualng secara penuh. Namun, dengan menggunakan Virtualbox ini memerlukan resource ram yang lebih. Saya rasa meinimum menggunakan ram 2gb, karena saya menggunakan ram sebesar itu.

Pemanfaatan Virtualbox ini sangat baik, demi menghemat sedikit waktu kita juga, serta sangat bermanfaat untuk anda yang masih belajar Debian seperti setting squirelmail atau yang lainnya, jadi tidak perlu menggunakan banyak perangkat, cukup simulasi menggunakan virtualbox saja.

Untuk anda yang ingin menginstall virtualbox, bisa download di http://goo.gl/IQT57w download sesuailkan dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Selain Virtualbox adakah cara yang lain mas?

Tentu ada, setahu saya sekarang setiap distro linux telah dilengkapi fitur Live CD dalam iso installnya (bahkan dari dulu :D), dengan fitur inilah kita bisa mencobanya, bahkan akan lebih optimal mencobanya, Karena dilakukan secara live. Palingan anda hanya perlu membuat bootnya di DVD atau Flashdisk, saya sarankan menggunakan flashdisk aja, bisa dibuat multiboot dan tentunya bisa lebih menghemat keuangan kita, hanya saja mengorbankan space flashdisk kita.

Jujur saya mulai menyukai desktop KDE, dan saya berencana menginstallnya secara penuh, namun saya masih terlalu cinta dengan ubuntu unity. Hehe cukup saya menggunakan live cd aja. :)

Tulisan ini guna mengajak anda untuk tidak menginstall ulang terus menerus, karena ini tidak baik buat kesehatan hardware anda seperti yang katakan diawal artikel ini tadi. Lampiaskanlah godaan-godaan itu dengan cara yamg lebih baik. Jangan sampai menyesal nantiya. :)

Godaan ini sangat terasa untuk mereka yang masih awam, atau masih baru dalam dunia linux. Tulisan ini tergerak, karena dahulu saya pernah membuat harddisk komputer saya bad sector karena saya seminggu bisa sampai 3 kali install ulang, bahkan lebih dari itu. Untung saja bagian badsectornya masih bisa di perbaiki, jadi saya masih bisa gunakan tuh harddisk, lumayan cuy 500gb :D.

Terima kasih telah membaca atikel tentang "Menggunakan Linux Penuh Godaan", dan semoga bermanfaat.. ^_^