Agar Brightness Ubuntu Bisa Berfungsi

Saya sempat mencari-cari cara memperbaiki brightness ini pada ubuntu 14.04, walaupun menggunakn Reshift GUI bisa dibilang lumayan membantu, namun itu tidak cukup efektif. Jadi saya mencoba mencari cara yang lain dan akhirnya ketemu juga caranya. Dan tentunya lebih baik, karena control FN menjadi berfungsi dengan baik.

Agar Brightness Ubuntu Bisa Berfungsi

Saya telah mencobanya dengan laptop Acer saya, jadi untuk Anda yang menggunakan laptop series lain, mohon dicoba-coba dulu yah.

Menemukan Jenis VGA card Ubuntu
Untuk melihat jenis vidio card Anda, Anda hanya perlu untuk membuka terminal (ctrl+alt+t)  dan memasukkan perintah berikut:
  • ls /sys/class/backlight/
Agar Brightness Ubuntu Bisa Berfungsi

Anda dapat melihat pada bagian ini laptop saya memiliki acpi_video0 dan intel_backlight, namun yang akan kita gunakan disini ialah intel_backlight , jadi untuk Anda yang menggunakan intel memiliki kemungkinan lebih besar agar cara ini berhasil.

Untuk Anda yang memiliki grapic card yang berbeda tidak salahnya untuk mencoba, perbedaannya hanya di intel_backlight saja saya rasa. Setelah Anda menemukan jenis VGA Anda, Anda hanya perlu untuk gunakan perintah berikut di terminal untuk membuat file tujuan konfigurasinya nanti:
  • sudo touch /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf
Selanjutnya baru kita edit filenya dengan perintah berikut ini:
  • sudo gedit /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf
Masukkan baris-baris dibawah ini untuk mengisi file konfigurasi yang terbuka tadi:
Section "Device"
        Identifier  "card0"
        Driver      "intel"
        Option      "Backlight"  "intel_backlight"
        BusID       "PCI:0:2:0"
EndSection
Agar Brightness Ubuntu Bisa Berfungsi

Setelah itu save file konfigurasi, untuk melihat effectnya Anda restart terlebih dulu laptop Anda, setelah itu coba test menggunakan fungsi FN+Arah kanan/kiri, itu untuk laptop saya, jadi untuk laptop jenis lain bisa menyesuaikan. Untuk jenis graphic card yang lain coba untuk mengubah value "intel_backlight" menjadi apa yang tertera pada cara awal tadi.

Jika ada yang bingung, mungkin nanti bisa saya bantu. Cara ini juga berfungsi untuk Linux Mint, ubuntu 13.10, ubuntu 14.10. Semoga bermanfaat ^_^

Sumber : http://itsfoss.com/fix-brightness-ubuntu-1310/