I-Nex Aplikasi Untuk Melihat Informasi Hardware Seperti CPU-Z

Mungkin sobat tidak akan asing lagi sebagai pengguna windows dengan CPU-Z, yah aplikasi yang berfungsi untuk memberitahu kita akan spesifikasi atau informasi laptop atau komputer kita yang bisa dibilang sangat lengkap. Seperti memberitahu tipe processor, vga, kapasitas ram, dan masih banyak lagi sobat.

Disini saya akan memperkenalkan I-Nex yaitu alternatif  CPU-Z untuk linux. Karena namanya alternatif, otomatis fungsinya hampir sama dengan CPU-Z sobat. Untuk lebih jelasnya sobat bisa simak proses install dan juga penampakan aplikasi ini.

1. Install I-Nex di Linux Ubuntu 14.04
Untuk menginstallnya, seperti biasa kita membuka terminal (ctrl+alt+t) dan masukkan perintah dibawah ini serta sipakan koneksi internet.

Sesuai rekomendasi kang Mochammad. nur.Afandi beliau ada komentar dibawah tuh.. :D repository dari gambas kita ubah ke :

  • sudo add-apt-repository ppa:gambas-team/gambas3

Dan yang ini :

  • sudo add-apt-repository ppa:nemh/gambas3

Untuk cadangan aja sobat kalau2 ntar butuh yah... hehe **p Jadi kita menggunakan repository dari tim gambas aja sobat, seperti berikut:
  • sudo add-apt-repository ppa:gambas-team/gambas3
  • sudo add-apt-repository ppa:i-nex-development-team/stable
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install i-nex
Setelah terinstall sobat bisa jalankan aplikasinya, dan I-Nex akan menampilkan informasi dalam komponen: CPU, GPU, Motherboard, Sound, Hard disks, RAM, Network and USB dan juga system info seperti hostname, Linux distribution dan versinya, Xorg, GCC, versi GLX dan bahkan info Linux Kernel.

2. Penampakan dari Laptop Saya
Untuk lebih jelasnya saya berikan penampakan dari laptop sederhana saya yang sering nemanin saya ngeblog dan internetan setiap hari, dan dia juga baru ganti fleksible beberapa hari yang lalu, alhamdulillah sekarang sudah sehat laptop saya.


Itulah penampakan dari laptop saya sobat, aplikasi ini cukup lengkap kan sobat.
Semoga bermanfaat.. ^_^