Itu Iklan ? Bukannya Virus ?

Mungkin judul kali ini sedikit ribet yah, disini saya hanya ingin meluruskan kesalah pahaman terhadap iklan dalam device Android yang selalu dianggap sebagai virus. Ini permasalahan biasa sebenarnya, namun karena kesalah pahaman menjadikan ini masalah yang serius.

Android jadi lemot ?
Coba perhatikan beberapa hal yang mendasari kenapa Android Anda menjadi lemot dan banyak sekali aplikasi yang mengganggu pemandangan pada device Android Anda. Kemungkinan paling mudah ialah karena hal-hal berikut:
  1. Perhatikan Hadrware Android Anda.
  2. Jangan Sembarangan Install.
  3. Harus Sudah Tahu Mana Iklan Mana Virus.
Mungkin itu saja yang dapat saya rangkum, kalau ada yang kurang Anda bisa menambahkannya atau bisa meminta saya untuk menambahkan. Pertama kita bahas tentang "Perhatikan Hardware Android Anda".

Suatu device sudah dirancang sedemikian rupa oleh perusahaan tertentu, yah karena beberpa faktor pula, hal yang paling biasa adalah guna mengekang harga jual device tersebut agar menjadi lebih murah dan banyak yang membeli. Karena itulah terkadang kita tergiur untuk membelinya karena keren dan telah tersematkan Android didalamnya.

Pertama kali berada digenggaman memang masih terasa ringan karena belum banyak yang berjalan, running di Android anda seperti: BBM, Line, Facebook App, Game Online, dll. Itu sesungguhnya lumayan memakan sumberdaya device android, namun kebanyakan pengguna melupakan hal itu dan menggunakan paham "yang penting install". Yah, jadi kita bisa wajarkan saja mengapa device android menjadi lemot.  Dan tidak menyadari kalau resource device telah terpakai seluruhnya.
Anda bisa menghapus aplikasi yang sekiranya tidak anda pakai, maksimalkan penggunaan android untuk hal-hal penting menurut anda, misalnya jika game udah tamat memainkanya dan ada kemungkinan tidak dimainkan lagi hapus aja game tersebut untuk mengurangi beban device Android. Kalau kapan-kapan jika ingin memainkannya lagi yah tinggal install lagi. :D
"Jangan Sembarangan Install" berbeda dengan ubuntu atau distro linux yang lainnya, android memiliki googleplay untuk tempat mencari aplikasi yang user ingin gunakan, walaupun di ubuntu memiliki ubuntu software center, namun tidak semaksimal penggunaannya, karena beberapa distro jenis apps yang harus diinstall memang memerlukan terminal. Seperti ketika repo yang bersangkutan mati, maka harus diganti, dan cara paling mudah mengganti atau menambahkannya dengan cara menggunakan terminal.

Karena kemudahan menginstall di android, ini sering disalah gunakan oleh pengguna android itu sendiri. Ketika ada iklan di device android anda dan anda klik dan akan masuk ke googleplay guna menginstall tautan tadi. Seharusnya ini tidak perlu dilakukan, jika memang ingin diinstall, dan ternyata tidak terlalu perlu jangan lupa langsung dihapus aja. Agar tidak membuat semak device anda.

Itu Iklan ? Bukannya Virus Android ?Itu Iklan ? Bukannya Virus Android ?

Saya yakin anda pasti pernah melihat tampilan seperti gambar diatas dalam device android anda. Jangan anggap itu virus, dan mulailah belajar mengetahui "Mana Iklan Mana Virus". Selama saya menggunakan divice android, tidak pernah ada virus, yang ada hanya iklan pop up yang mengganggu pemandangan dan aktifitas kita dalam menggunakan android kita.

Jadi mulailah mengerti bahwasanya yang membuat device android anda lemot itu karena kesalahan penggunaan dalam menggunakan sumberdaya yang ada dalam device android anda. Mulai sekarang bijaklah dalam menginstall sesuatu, dan gunakan seperlunya saja. Agar anda tidak mengira kalau android anda kena banyak virus.
Iklan dalam Android itu wajar saja, karena para pengembang aplikasi yang diberikan license free itu mendapatkan uang untuk pengembangan perangkat lunaknya dari sana. Jadi sungguh tidak apa-apa kalau kita mengklik iklan tersebut guna donasi dengan pengembang software tersebut. Apalagi kalau kita menyukai hasil guna software tersebut.
Jujur sih memang keberadaan iklan tersebut mengganggu, dan saya pun menganggap itu virus ketika pertama memiliki device android :D , namun kelamaan saya mulai mengerti, karena disitulah sentuhan bisnis periklanan google serta software free, jadi kita harus pintar dalam menanggapi setiap iklan yang ada. Di ubuntu juga beberapa sofware ada memiliki iklan didalamnya walaupun jarang sekali.

Di Android itu mudah banyak iklan karena para pengembang softwarenya bekerjasama dengan pihak google. Selama pengamatan saya sih itu. Kalau sahabat TuxLinux ada yang ingin ditambahkan bisa tambahkan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.. ^_^