Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Kali ini saya ingin membuat sebuah tutorial atau cara Sharing File dari ubuntu 14.04 (ubuntu unity yang lain, caranya sama) ke Windows 7 sobat. Saya berkeinginan membuat tutorial ini karena ada teman saya yang bertanya ketika saya online di facebook :D tentang cara sharing ini. Saya sudah usahakan agar tutorial ini mudah dimengerti untuk pemula. Saya telah sertakan lebih banyak Screenshot agar lebih mudah dipahami pula.

Dalam tutorial ini tentunya sobat telah memiliki dan memahami:
  1. Ubuntu 14.04 telah terinstall :-bd
  2. Windows 7 juga telah terinstall (dikomputer lain)
  3. Kabel Lan (untuk menghubungkan, saya anggap telah mengerti ini, karena saya tidak akan membahas ini)
  4. Niat Mencoba dan bertanya seperlunya ;)
Menginstall Samba Server
Karena secara default pada ubuntu belum memiliki media sharing ke windows, maka kita mengharuskan menggunakan atau menginstall samba. Untuk cara menginstallnya pertama pilih dahulu file atau folder yang ingin disharing, dalam contoh ini saya menggunakan folder "Documents" lebih tepatnya seperti gambar berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Nah, pada gambar diatas sobat Klik Kanan => Properties dan akan tampil seperti gambar berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Pada tahap ini pilih bagian "Local Network Share" dan centang bagian yang saya beri kotak merah, atau lebih tepatnya seperti pada gambar. Selanjutnya sobat klik "Install service" untuk melanjutkan ke proses install Samba Server. Dan akan ada tampilan seperti berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Klik "Install" untuk melanjutkan menginstall samba ini, dan paling penting yang perlu sobat ingat ialah => Diperlukan Koneksi Internet <= pada saat menginstall samba ini :yaya:.

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Setelah proses menginstall selesai maka sobat akan menemui tampilan seperti berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Pada gambar diatas sobat klik "Restart session" saya sarankan untuk merestart juga laptop sobat, agar konfigurasi dari samba dapat bekerja dengan pasti. Dan telah siap dipakai untuk sharing file.

Sharing File Dan Konfigurasi Kecil
Oke, Semoga sobat belum bosan yah membaca artikel ini :Ozz hehe, selanjutnya (setelah sobat restart tadi) sobat masuk kebagian awal lagi, atau lebih tepatnya pada bagian seperti gambar dibawah ini dan konfigurasinya telah bisa kita akses:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Keterangan Gambar:
1. Kalau sobat centang bagian ini file atau folder yang sharing akan bisa diedit sesuka hati oleh orang yang menerima atau terhubung dengan laptop sobat.
2. Saya selalu centang bagian ini, jadi siapa saja bisa melihat file sharing saya, namun tidak untuk mengedit file atau folder saya.

Dalam percobaan saya kali ini, saya centang yang no.2 lalu kita klik "Create Share", dan konfigurasi untuk share ini telah selesai sobat. Untuk menambahkan file yang ingin dishare lagi, ulangi cara diatas mudah bukan :yaya:

Untuk memudahkan sobat dalam mengambil file sharing (ini yang biasa saya lakukan) alangkah baiknya kita menentukan Address dari kedua laptop. Untuk address pada ubuntu berikut pengaturan Addressnya, masuk terminal (ctrl+alt+t) dan masuk ke root mode:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Seperti gambar diatas setelah masuk root mode, kita akan konfigurasi interface kita yaitu biasanya eth0, ketikkan atau copy perintah berikut:
  • pico /etc/network/interfaces
Saya disini menggunakan editor pico, untuk sobat yang belum terbiasa dengan editor ini, bisa baca artikel tentang Editor Pico. Setelah masuk ke file konfigurasinya maka sobat edit filenya menjadi seperti berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Sobat hanya perlu mengubah atau lebih tepatnya menambahkan baris yang saya berikan tanda kotak merah itu dengan cara mengetikkannya kedalam file tersebut, namun perlu diingat sesuaikan dengan ip address dari sisi windowsnya juga. Disini dalam sisi windows memiliki Ip Address => 192.168.1.10 <= dan Netmask => 255.255.255.0 <= 

Setelah konfigurasi tadi selesai sobat tekan ctrl+x dan selanjutnya tekan Y untuk menyimpan hasil konfigurasi tadi dan konfigurasi address pun telah selesai. Untuk mengaktifkan konfigurasi tersebut sobat bisa restart dulu laptop sobat, dan setelah restart lihat hasil konfigurasinya dengan perintah => ifconfig <=, dan harusnya telah terkonfigurasi seperti berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7


Memanggil File Sharing Melalui Address
Setelah itu pada windows kita hanya perlu memanggil address dari ubuntu untuk melihat file sharing yang telah kita share tadi sobat. Untuk memanggilnya sobat masuk menu RUN atau tekan tombol windows (tahan) dan secara bersamaan tombol R mengikuti.  Dan akan tampil seperti berikut:

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Dan setelah itu sobat klik "Ok" akan menemukan tampilan seperti berikut, atau lebih tepatnya tampilan file yang telah kita share tadi.

Sharing Data Dari Ubuntu Ke Windows 7

Sampai disini kita telah berhasil share folder atau file dari ubuntu ke windows 7 sobat, \o/ horee. Yang perlu sobat ketahui pada artikel ini saya hanya membuat share file dari ubuntu ke windows 7, namun tidak untuk dari windows 7 ke ubuntu sobat.

Bantu mas.. :(


Karena dari percobaan yang saya lakukan saya gagal (selalu muncul tampilan persis seperti pada gambar diatas) mengambil file sharing dari windowsnya x@. Jadi kalau sobat ada referensi untuk melengkapi artikel ini, saya dengan senang hati menerimanya ^_^ semoga bermanfaat.