Cara Upgrade LibreOffice ke versi 4.4

Dari situs resminya LibreOffice.org bahwa libreoffice telah meluncurkan versi terbarunya yang ke versi LibreOffice 4.4, dimana sebelumnya versinya LibreOffice 4.2 . Untuk anda yang sangat senang upgrade seperti saya, apa lagi pada rilis kali ini lumayan menambah fitur dan perbaikan sana sini, untuk lengkapnya anda bisa mengecek pada situs resminya.

Cara Upgrade LibreOffice ke versi 4.4

Hapus LibreOffice 4.2
Kalau opsi ini untuk anda yang tidak mau ada dua versi libre dalam ubuntu anda, jadi langkah yang harus kita lakukan adalah untuk menghapus terlebih dahulu libreoffice yang lama, namun jika anda ingin dua libreoffice tetap ada disistem anda maka urungkan opsi ini.

Masuk terminal (ctrl+alt+t) dan masukkan perintah berikut:
  • sudo apt-get purge libreoffice*
Setelah itu ada opsi Yes/No pilih saja Yes.

Menginstall LibreOffice Secara Offline
Untuk anda yang sering menginstall secara offline seperti saya :D, karena keterbatasan kuota internet dan selalu mencari akses internet cepat dengan speedy, langkah awal anda hanya perlu masuk ke website resmi libreoffice dan download sesuai sistem yang anda gunakan.

Cara Upgrade LibreOffice ke versi 4.4

Masuk ke situs berikut : http://www.libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/, dan anda akan dihadapkan dengan tampilan diatas, pilih sesuai dengan sistem yang anda gunakan. Setelah terdownload, anda bisa extract file yang telah didownload tadi tepat seperti gambar berikut:

Cara Upgrade LibreOffice ke versi 4.4

Setelah itu masuk ke folder DEBS dan Klik kanan - Open in terminal, ini khusus buat anda yang pernah membaca artikel saya tentang Nautilus Open Terminal, cara ini sangat memudahkan kita masuk ke folder yang kita inginkan tanpa menggunakan banyak perintah cd atau yang lainnya.

Cara Upgrade LibreOffice ke versi 4.4

Dalam kondisi difolder tersebut, masukkan perintah berikut untuk menginstall libreoffice 4.4 di ubuntu anda dan silahkan ditunggu proses installnya.
  • sudo dpkg -i *.deb
Setelah selesai anda bisa melihat hasil install anda di dash ubuntu. Jika tidak ada coba restart dahulu ubuntu anda dan coba periksa kembali. :)

Install Menggunakan PPA
Untuk menginstall via PPA pihak libreoffice telah menyediakannya, dan seperti biasa masuk terminal (ctrl+alt+t) dan masukkan perintah dibawah ini:
  • sudo add-apt-repository -y ppa:libreoffice/ppa
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get dist-upgrade
Semoga bermanfaat.. ^_^