Install Corebird "Aplikasi Twitter" via PPA

Icon CorebirdSobat sering nongkrong di twitter..? Mungkin dengan aplikasi Corebird ini sobat akan lebih betah nongkrong di twitter. Yah, aplikasi ini sangat ringan sobat, dan tampilannya yang sangat simple.

Sejujurnya saya gak begitu sering nangkring di twitter, saya lebih sering nangkring di facebook. hehe. Tapi saya juga lumayan seneng lihat kicauan orang-orang di twitter.

1. Install Corebird di Ubuntu 14.04/14.10 dan Linux Mint
Menurut informasi yang saya dapatkan dari http://ubuntuhandbook.org/, aplikasi Corebird ini membutuhkan Corebird depends on GTK+ >=3.12 jadi kita harus menambahkan yang dibutuhkannya melalui Gnome 3 and Gnome 3 staging dengan menambahkan PPA berikut sobat (masuk terminal).
  • sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
  • sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3-staging
Setelah itu baru sobat mulai install corebird dengan perintah menambahkan repo dibawah ini sobat. Dengan masuk terminal (ctrl+alt+t). Dan ikuti perintah selanjutnya.
  • sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/corebird
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install corebird
Setelah terinstall sobat bisa jalankan aplikasinya pada dash ubuntu.

2. Testing Corebird
Saya telah berhasil menginstallnya sobat, berikut penampakannya.


Ini aplikasi ringan sobat, jadi lebih enak menggunakannya sobat. Jujur saya kurang mengerti menggunakan twitter kecuali buat Tweet baru sobat.. hehe. Jika sobat baru mencobanya sobat akan mendapatkan tampilan seperti berikut sobat.

Request PIN

Sobat akan diminta memasukkan PIN, maka sobat harus request PIN dulu sobat, klik yang saya beri tanda panah tersebut, maka akan direct ke browser sobat, dan sobat akan diminta untuk persetujuan aplikasi corebird disandingkan dengan akun twitter sobat.

Nah, setelah itu sobat akan dapatkan pin, dan masukkan PIN tersebut kedalam aplikasi corebirdnya sobat. Sampai disini semoga bermanfaat sobat. ^_^