Install WPS Office Yang Sangat Mirip Dengan MS Office

Walaupun saya sudah mulai terbiasa menggunakan LibreOffice, Tapi tetap saja mengalami beberapa kesulitan dalam menggunakan (mencari) beberapa tools menu, walaupun bisa sih ujung-ujungnya. hehe

Jadi saya mencoba WPS Office ini sobat,  yang dulunya bernama Kingsoft Office. Dulu sebenarnya saya sudah pernah mencoba kingsoft office, namun karena masih terlalu banyak bugs, jadi saya urungkan menggunakan kingsoft office tersebut.

Namun sekarang setelah berganti menjadi WPS (Writer, Presentation, Spreadsheets) Office, saya rasa telah mengalami perbaikan yang lumayan signifikan, dan yang membuat saya lebih suka dengan WPS ini ialah, tampilannya yang sangat menyerupai Microsoft Office sobat.

WPS Office

Jadi karena tampilannya yang sangat menyerupai MS office di windows, kita tidak perlu banyak adaptasi sobat, keren kan sobat ?

1. Menginstall WPS Office
Untuk menginstallnya sobat bisa mendownload file .deb berikut, atau sobat bisa langsung ke alamat websitenya sobat disini. Download file .deb aja sobat, lebih mudah mengsintallnya, apa lagi menggunakan aplikasi gdebi akan lebih mudah lagi sobat.
  • WPS Office for Linux Alpha16 Patch2 : Download
Untuk sobat yang telah menginstall gdbi maka sobat tinggal beberapa klik saja, maka sobat akan menunggu proses install dengan sobat dan wps office telah siap digunakan.

Proses installasi menggunakan Gdebi

Setelah terinstall sobat bisa membukanya dari dash ubuntu.

2. Testing WPS Office
Pertama dan yang paling utama adalah kita testing aplikasi WPS Writer, yang ini sangat mirip dengan Microsoft Office Word sobat, seperti yang saya katakan pada awal artikel ini sobat, kalau WPS Office ini sangat mirip dengan microsoft office. Berikut Penampakannya.

WPS Writer

Setelah itu kita coba aplikasi yang biasa digunakan untuk persentase baik disekolah maupun dimanapun sobat, yah aplikasi serupa Microsoft Office Power Point yaitu WPS Presentation. Dalam WPS ini ada fitur Online Template, yang bisa sobat gunakan untuk mendownload template sebagai template persentase sobat. Berikut penampakannya.

WPS Presentation

Yang berikutnya adalah yang biasa digunakan dalam sebuah kantor juga, dan paling akrab dengan rumusnya sobat, hehe. Yah, serupa dengan MS Office Excel, yaitu WPS Spreadsheets. Sangat mirip sekali sobat dengan MS excel, berikut penampakannya.

WPS Spreadsheets

Gimana sobat, sangat mirip bukan. Jadi tidak ada alasan buat memakai aplikasi bajakan, para pengembang aplikasi telah menyediakan alternatif lain, tinggal kita aja yang pintar-pintar mencari alternatif softwarenya dan menggunakannya sekreatif mungkin.

Semoga Bermanfaat sobat.. ^_^