AppGrid Aplikasi Alternatif Ubuntu Software Center

Sobat Linuxer, kali ini saya akan share aplikasi AppGrid, yaitu aplikasi alternatif Ubuntu Software Center (USC). Sobat mungkin terbiasa mendownload aplikasi melalui USC, karena tampilan GUI-nya dan memudahkan sobat tanpa perlu menyentuh perintah dalam terminal. Ya disini saya akan membahas tentang aplikasi sejenisnya USC yaitu AppGrid.

Apa kelebihan AppGrid ketimbang USC...?

Menurut saya pribadi kelebihannya ialah dari segi tampilan, dan preview akan aplikasi yang ada sobat. Seperti yang kita ketahui sobat, dalam USC setiap aplikasi memiliki preview dengan gambar thumbnail yang kecil, nah pada AppGrid ini previewnya menjadi lebih menarik dan dengan thumbnail yang bisa terbilang jadi lebih nyaman kertika kita menjelajah aplikasi, games bahkan software lainnya sobat.


Tapi, semua tergantung kitanya juga sobat mau aplikasi yang mana dan suka tampilan yang mana, kalau saya pribadi sih senang dengan AppGrid ini sobat. Seperti yang saya jelaskan tadi sobat, dari segi tampilan dan previewnya yang menarik hati sobat. tapi yah selera masing - masing sobat.



Untuk kelebihan lainnya sobat mungkin bisa mencobanya sendiri dengan masuk terminal (Ctrl+Alt+T) dan masukkan perintah di bawah ini:
  • sudo add-apt-repository -y ppa:appgrid/stable
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install appgrid
Yang sobat biasa menggunakan aplikasi offline installer dan menggunakan aplikasi semisal Gdebi, sobat bisa mendownload file .deb di AppGrid Project Website.

Untuk informasi lebih sobat bisa ke link berikut ini. Semoga bermanfaat.. ^_^