Faenza Icon, Moka Theme Dan Wallpaper

Judul posting kali ini agak aneh kali yah, hehe. Iya beberapa hari ini saya sedang asyik mencari Icon dan Theme yang pas buat kerjaan sehari-hari, eh kotak katik sambil browsing, dan akhirnya yang cocok (nyaman) buat kerja adalah perpaduan Moka Theme dan Faenza Icon ini sobat.

Ubuntu Customize Iwan Efendi

1. Install Moka Theme
Namun disini saya hanya share aja sobat, soal nyaman atau nggaknya yah selesa sobat sendiri iya kan. Baiklah, pertama kita install Moka Theme terlebih dulu sobat dengan perintah berikut diterminal.
  • sudo add-apt-repository ppa:moka/stable
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install moka-gtk-theme 
2. Install Faenza Icon Theme
Setelah itu sobat install lagi untuk keperluan icon Faenza dengan perintah berikut ini sobat.
  • sudo add-apt-repository ppa:noobslab/icons
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install faenza-icon-theme 
Ada masalah dengan icon kalender pada faenza ini, seperti berikut:


Saya sebenarnya telah lama menemukan keganjalan dengan icon kalender dari icon faenza ini, namun baru hari ini saya update faenzanya dan langsung fix sobat. Jadi jika sobat merasa terganggu dengan masalah kecil tersebut, sobat bisa update faenza iconnya. Buat sobat yang suka offline installer seperti saya,  B) berikut linknya:
3. Dapatkan Wallpaper
Disini terserah sobat mau walpaper apa, tapi disini saya menggunakan walpaper bernama nigth-race-wallpaper-hd-wallpapers yang saya pernah download dari zedge.net sobat. Mungkin sobat berminat memilikinya.

night-race wallpaper

Sobat bisa download langsung aja, saya lagi males upload. Lagian pula lebih mudah download langsung, perbesar gambarnya klik kanan - save image as (browser lain menyesuaikan) saya menggunakan Firefox.

4. Memulai Customize
Jika sobat telah terbiasa merubah icon dan theme, maka saya tidak menganjurkan sobat membaca bagian yang keempat ini, karena ini saya peruntukan bagi sobat linuxer yang masih baru dalam dunia linux.

Buka Unity tweak tool (jika belum install, masuk disini), masuk ke bagian Appearance dan ke menu Theme seperti berikut dan pilih theme moka, dan theme ubuntu sobat akan langsung terganti.

Unity Tweak Tool

Setelah itu sobat masuk ke bagian Icons seperti berikut.

Icons Faenza

Nah, sampai sini telah selesai sobat, tinggal penanaman walpaper aja sobat, sobat bisa klik kanan wallpaper yang sobat kehendaki dan set as walpaper dan desktop udah nyaman seperti yang saya inginkan (mungkin sobat juga hehe).

Selesai sobat.

Tambah Audacious jadi lebih nyaman sobat, seperti gambar diatas sobat.
Semoga Bermanfaat.. ^_^

Source Icon & Theme : Noobslab